Share 

Baju Batik sudah nge-trend dari dulu, apalagi sekarang banyak artis yang datang ke acara pernikahan atau acara resmi dengan mengenakan baju batik. Tetapi banyak juga orang yang belum banyak mengetahui tetang cara merawat pakaian batik agar warna dan bahan batik tetap awet. Berikut cara alternatif untuk merawat batik kesayangan anda:

Pada saat mencuci, pakailah sabun cuci khusus kain batik , produk ini banyak dijual di toko.
Jika anda kesulitan menemukan produk sabun khusus untuk mencuci kain batik, ada alternatif lain yaitu menggunakan shampo rambut, agak aneh ya ?hehe tapi ini terbukti. masukan shampo dan larutkan sampai tidak ada bagian yang kental, lalu celupkanlah kain batik.
  • Bisa juga mencuci kain batik dengan menggunakan buah lerak, daun tanaman dilem yang sudah di rendam air yang hangat. cukup mudah caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem hingga mengeluarkan busa, dan tambahkan air secukupnya, dan batik siap untuk dicuci. Dengan aroma buah lerak, dapat mencegah munculnya hewan kecil yang dapat menyebabkan kain batik rusak.
Pada saat mencuci kain batik anda, kami sarankan untuk tidak menggunakan deterjen dan jangan digosok. Jika batik anda terlalu kotor, anda bisa merendamnya di air hangat, jika memang sangat kotor dan benar-benar kotor seperti terkena noda makanan, dapat dihilangkan menggunakan sabun mandi / kulit jeruk, langkahnya dengan cara usapkan sabun mandi atau kulit jeruk tadi di bagian yang terkena noda tersebut.
  • Alangkah baiknya mencuci batik kesayangan anda tidak menggunakan mesin cuci.
Pada saat anda akan menjemur baju batik kesayangan anda, perlu di perhatikan yaitu batik yang basah jangan di peras, dan jangan langsung dijemur di bawah sinar matahari yang menyengat. Cukup anda angin-anginkan di tempat yang teduh sampai kering.
  • Perlu di perhatikan juga pada saat menjemur yaitu tariklah pada bagian tepi batik dengan perlahan supaya serat yang mengkerut atau terlipat kembali ke posisi yang seharusnya.

Baju Batik anda sudah selesai dijemur dan kering ? janganlah langsung di setrika. Tetapi baju batik saya kusut dong ?iya tapi jangan kontak langsung dengan setrika. Gunakanlah sedikit air dan semprotkan di atas baju batik kesayangan anda dan letakan sehelai kain di atas baju batik anda dan siap di setrika.
  • Mungkin anda ingin menambahkan parfum atau wangi-wangian pada baju batik kesayangan anda atau softerner (pelembut) kain pada batik tulis, boleh saja asalkan janganlah langsung ke batik anda, mirip seperti langkah diatas, gunakanlah koran dan tutupilah batik tulis anda, lalu barulah anda semprotkan wangi-wangian atau pelembut kainnya.
Perlu di perhatikan juga untuk kain batik sutera atau kain batik dengan pewarna alami seperti batik tulis, janganlah anda menyemprotkan langsung wangi-wangian ke kain batik.
  • Jika semua sudah selesai dari mencuci hingga menyetrika, simpanlah batik kesayangan anda menggunakan plastik, supaya tidak rusak dimakan hewan kecil. perlu diperhatikan juga jangan menggunakan kapur barus, bisa merusak kain batik karena zat padat ini sensitif terhadap batik.
Sedikit tips untuk menambahkan supaya tidak dimakan hewan kecil, yaitu meletakan akar wangi yang sudah dicelupkan kedalam air panas dan kering di jemur, atau menggunakan sedikit merica yang dibungkus dengan tisu dan simpanlah di lemari yang juga untuk menyimpan batik kesayangan anda.

Sekian sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda ^_^


Rekomendasi Untuk Anda × +

Grosir Kaos Murah

Grosir Kaos Murah
Kaos Raglan Murah Grosir Ecer

Join Reseller Batik

Toko Baju Batik Online sejak 2009
Line :
@solobatik
(pake@ yaa )

Yuk Whatsapp

085740669779

Free Ongkir Seluruh Indonisa (klik gambar)

klik Like dibawah ini