Macam-Macam Batik Dress
Batik dress merupakan salah satu dari pengembangan batik modern. Disebut batik modern karena aplikasi pada dress yang mempunyai banyak jenis dan potongan yang berbeda, bukan lagi hanya pada kebaya atau selendang saja. Batik dress tentunya juga menyesuaikan dengan warna dan potongan yang lebih masa kini sehingga tetap terlihat trendy namun juga elegan. 

Corak yang modern pada dress juga tidak hanya berkisar pada bunga, hewan atapun pemandangan namun juga lebih mengarah pada gaya kontemporer yang bersifat abstrak. Kalaupun tidak pada corak bisa juga melalui potongan dress yang bersifat acak dan asimetris sehingga dress batik tersebut tetap terlihat bergaya.
Macam-Macam Batik Dress

Dress sendiri adalah sebuah pakaian bagi wanita bisa berupa gaun terusan, atasan ataupun rok dengan ukuran yang bermacam macam. Ada yang tepi bawah roknya hanya setinggi paha, ada medium selutut dan ada pula yang panjang hingga menyentuh tanah. 

Dress biasa dikenakan pada acara formal atau untuk pergi kekantor. Penggunaan dress bervariasi karena bisa juga atasan dress dipadu padankan dengan celana kulot atau jeans untuk pergi ke kantor. Ada juga dress pendek yang biasa digunakan oleh atlet tenis dan figure skating.
Pemakaian dress yang hampir di setiap aktivitas wanita membuatnya cocok sebagai salah satu cara untuk memasarkan batik. Terbukti banyak sekali batik dress yang diproduksi saat ini dan bisa dilihat sendiri jika para artis saja sudah mulai memakai batik dress untuk pergi ke sebuah acara premier film atau pesta penghargaan. 

Ada beberapa jenis batik dress yang dibedakan menurut acaranya yaitu :
  • Workdress
Workdress adalah dress yang digunakan untuk kerja. Bisa berupa sheath dress atau military dress yang berupa dress terusan yang panjangnya hingga diatas lutut. Workdress ini juga bisa berupa paduan atasan dengan celana atau rok dan ditambah dengan blazer. Workdress batik bisa membuat penampilan kerja yang formal sekaligus unik
  • Sackdress
Sackdress batik biasa digunakan pada acara pesta yang bersifat santai. Dress ini biasanya memiliki potngan kerah berbentuk V atau bulat. Potongan dress ini ada yang berlengan pendek ada pula yang tanpa lengan dengan panjang selutut atau diatasnya.
  • Nightdress
Dress ini biasanya digunakan sebagai gaun malam untuk acara resmi. Biasanya panjang dress ini sampai ke kaki atau bahkan menyapu lantai. Nightdress batik biasanya menggunakan corak warna yang gelap seperti hitam atau biru tua.
  • Sundress
Dress ini biasa dipakai untuk acara non resmi seperti pesta kebun atau dipakai pada musim panas. Biasanya sundress batik dibuat dari bahan katun, corak warna yang cerah serta potongan lengannya tipis
  • Ball dress
Ball dress batik adalah dress yang digunakan untuk acara pesta dansa. Corak batik ball dress biasanya dengan warna pastel yang lembut serta terbuat dari bahan sutra atau satin.
  • Wedding dress
Wedding dress batik ini memiliki potongan yang berbeda-beda, sesuai selera dari pengantinnya sendiri. Dan saat ini pemakaian motif batik pada wedding dress bisa menambah nilai ke-eleganan dress tersebut.
Selain berdasarkan acaranya dress batik sendiri bisa dijumpai pada potongan dress yang lain seperti pada bubble dress, yaitu dress yang berbentuk gelembung pada bagian bawahnya dengan atasan berupa korset. Kemudian ada pula dress batik one shoulder yang hanya menggunkan 1 tali atau hanya menutupi salah satu bahu. Apapun jenis dressnya namun dengan penambahan corak batik bisa lebih membuat dress terlihat begitu berbeda dan unik. Kesan tradisional batik mampu melebur sempurna dengan gaya potongan yang modern dalam batik dress.


Bagikan informasi bermanfaat ini kepada teman anda.
Rekomendasi Untuk Anda × +

0 komentar:

Post a Comment

Kaos POLO Premium

Kaos POLO Premium
Kaos Polo Shirt

Join Reseller Batik

Toko Baju Batik Online sejak 2009
WA :
085740669779

Yuk Whatsapp

085740669779

Free Ongkir Seluruh Indonisa (klik gambar)