Pola Batik Modern
Batik modern saat ini makin digemari masyarakat. Perkembangan zaman membuat batik tidak lagi dianggap hal yang kuno bahkan batik menjadi trend tersendiri bagi fashion Indonesia. Hal ini tidak lepas juga karena partisipasi pemerintah dengan seringnya menggunakan pakaian batik pada acara formal ataupun kenegaraan serta para pesohor negeri yang sering menggunakan batik pada acara pesta ataupun dikesehariannya. Batik merupakan warisan budaya dan identitas asli Indonesia. Hal ini diakui oleh UNESCO tepat pada tanggal 2 Oktober 2009, karena itulah pada tanggal itu diresmikan menjadi hari batik yang bukan hanya untuk nasional saja melainkan menjadi hari batik sedunia. Sebuah kebanggaan bahwa batik diakui dimata internasinonal.

Pola Batik Modern
*google

Batik sendiri menurut asal kata yaitu ‘ba’ yang artinya melakukan, kata ini merupakan sebuah awalan dalam bahasa jawa “mba”. Sedangkan ‘tik’ artinya titik yang berarti batik adalah melakukan titik/membuat titik. Hal itu bisa dilihat dari motif batik yang terdiri dari unsur titik dan garis. Proses pembuatan batik adalah melukis sebuahk kain/mori dengan menggunakan alat canting yang diisi dengan lilin malam yang sudah dipanaskan. 

Pembuatan batik memerlukan keahlian khusus yang membutuhkan konsentrasi dan ketelitian terutama ketika membuat motif pada kain/mori tersebut. Namun saat ini dengan semakin majunya teknogi, pembuatan batik tidak hanya dengan melukiskan canting tapi juga dengan teknik print, hal inilah yang kemudian mendasari batik modern. Jika pembutan batik tradisional menggunakan canting dan membutuhkan waktu berhari-hari untuk menghasilkan sebuah kain maka batik print tidak. Batik print hanya perlu mencetak pola diatas kain kemudian diwarnai dengan proses sablon. 
Dari cara pembuatannya sebenarnya batik print tidak bisa disebut batik karena tidak melalui proses melilin batik atau pewarnaan. Untuk itu dihadirkan pula sebuah cara tengah yaitu batik print malam. Caranya masih dengan mencetak pola diatas kain namun tinta yang digunakan bukan pasta sablon melainkan lilin malam, baru kemudian dilakukan pencelupan/pewarnaan pada kain. Cara ini lebih seperti kombinasi  batik dan sablon. Ada pula batik cap, batik ini proses pembuatannya dengan melukis lilin pada kain dengan cap yang dibentuk pola tertentu. Selain itu batik juga bisa dibuat dengan perpaduan proses melukis menggunakan lilin dan cap., hal ini bisa dilakukan untuk mempersingkat proses produksi dan menghasilkan kain batik yang banyak.

Batik modern juga berbeda secara motif/pola dengan batik tradisional. Pola batik tradisional biasanya masih mengacu pada gambar tumbuhan, binatang, wayang atau relief candi serta gayanya masih terikat aturan dan pakem tertentu. Namun untuk batik modern sudah lebih bebas gayanya dan tidak terikat pada pakem apapun. 

Ada beberapa pola yang berkembang pada batik modern:
  • Pola abstrak
Yaitu pola batik yang merupakan gabungan dari gambar rangkaian bunga, garuda terbang, ayam yang beradu dan sebagainya
  • Pola gabungan
Gambar batik yang terdri dari gabungan gaya batik dari berbagai daerah dan membentuk gambar yang indah
  • Pola lukisan
Batik yang digambar dengan motif lukisan seperti pemandangan.
  • Pola khusus

Batik ini digambar dengan motif sebuah cerita legenda seperti Mahabrata dan Ramayana. Biasanya motif ini campuran gaya abstrak dan riil
Batik juga tidak hanya diaplikasikan pada kain atau pakaian tapi saat ini sudah banyak yang berkreasi dengan batik pada media yang lain seperti pada body mobil. Selain itu batik juga menjelajah ke beberapa negara lain. Di Malaysia misalnya kita tahu ada juga yang namanya batik tulis namun tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan batik tulis tersebut karena pengaruh imigran Indonesia yang memperkenalkan batik hingga ke pesisir Malaysia Timur. Begitu pula di Afrika, pada abad ke 19 pedagang Belanda dan Inggris memperkenalkan batik pada masyarakat Afrika lokal dan mereka mengadaptasinya dan membuat batik dengan motif mereka sendiri. Sedangkan di Australia, batik Jawa diperkenalkan kepada masyarakat aborigin dan kemudian mereka mengembangkan sendiri motif dan teknik pembuatan batik modern.

Bagikan informasi bermanfaat ini kepada teman anda.

Rekomendasi Untuk Anda × +

0 komentar:

Post a Comment

Kaos POLO Premium

Kaos POLO Premium
Kaos Polo Shirt

Join Reseller Batik

Toko Baju Batik Online sejak 2009
WA :
085740669779

Yuk Whatsapp

085740669779

Free Ongkir Seluruh Indonisa (klik gambar)